Sabtu, 07 Maret 2020

Menentukan Volume Balok


Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 siswa perlu dibekali pembelajaran abad 21. Dengan menerapkan pembelajaran abad 21 ini siswa diharapkan dapat aktif dalam pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran adalah discovery learning (penemuan terbimbing). Pada kesempatan kali ini model penemuan terbimbing ini digunakan untuk pembelajaran matematika kelas 5 pada materi volume balok. Pada kegiatan pembelajaran ini siswa diajak untuk menemukan rumus volume balok.

Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model penemuan terbimbing dilaksanakan Rabu, 18 Desember 2019 di SDN 003 Balikpapan Tengah. Pembelajaran ini diikuti oleh siswa kelas 5 yang berjumlah 32 orang, dibagi menjadi delapan kelompok sehingga setiap kelompok berisi empat siswa. Setelah melakukan percobaan dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menemukan rumus volume balok dengan antusias. Setelah diperoleh rumus volume balok, siswa dapat menghitung volume balok jika diketahui panjang, lebar dan tinggi balok dengan teliti.
Langkah pembelajaran diawali dengan guru terlebih dahulu mengingatkan kembali unsur-unsur yang terdapat pada balok, yaitu titik sudut, rusuk dan bidang/sisi. Selanjutnya siswa diberi pertanyaan bagaimana cara menemukan rumus menentukan volume balok serta bagaimana cara menghitung volume balok jika telah diketahui panjang, lebar dan tinggi balok. Untuk menjawab pertanyaan tersebut siswa diberi lembar kerja (LK) yang berkaitan dengan menemukan rumus balok. Setelah menyelesaikan LK siswa diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil pekerjaan mereka secara berkelompok.
Guru mengingatkan kembali unsur balok
Guru membimbing siswa menyelesaikan LK

Siswa menyelesaikan LK dengan mengamati balok yang disediakan

Siswa bekerjasama dalam menyelesaikan LK
Setelah mengalami kegiatan pembelajaran ini siswa tidak hanya menggunakan rumus matematika yang sudah ada, tetapi siswa juga mengetahui bagaimana rumus matematika itu diperoleh. Selama mengikuti pembelajaran ini siswa lebih aktif dan merasa senang.

0 komentar:

Posting Komentar