Kamis, 12 Maret 2020

Volume Balok


Salah satu volume bangun ruang yang dipelajari oleh peserta didik di SD adalah volume balok. Banyak benda yang ditemui oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari yang berbentuk balok, misalnya ruang kelas, rumah, kardus bekas, kotak susu dan sebagainya.

Belajar mengenal volume balok bagi peserta didik SD dapat dilakukan secara induktif, yaitu dengan cara mengisi balok transparan tanpa tutup dengan kubus satuan. Secara umum hal itu dapat ditunjukkan dengan sebuah balok berongga tanpa tutup dan transparan serta kubus satuan seperti gambar di bawah ini. Kemudian kubus satuan diisikan ke kotak tersebut sampai penuh yang diperagakan di hadapan peserta didik dengan membilang satu demi satu.
Sumber: googling
Setelah peserta didik mempunyai pengalaman menghitung volume balok dengan cara membilang banyaknya kubus satuan yang dapat memenuhi balok berongga tersebut, selanjutnya peserta didik dapat mencoba melakukannya sendiri. Penurunan rumus volume balok sebaiknya dapat ditemukan sendiri oleh peserta didik, dengan menggunakan lembar kerja. Sehingga peserta didik menemukan rumus volume balok.
Volume balok = panjang × lebar × tinggi

0 komentar:

Posting Komentar